3 Feb 2011

SPEED



Speed (スピード) adalah kelompok wanita penyanyi dan penari asal Jepang. Keempat anggotanya berasal dari Okinawa. Di puncak kepopuleran Speed pada paruh kedua tahun 1990-an, lagu-lagu mereka terjual lebih dari satu juta kopi, "White Love", "Steady", "my graduation", dan "All My True Love". Di puncak kepopuleran mereka, lagu-lagu Speed laris dipakai sebagai lagu iklan televisi. Keempat anggotanya aktif berkarier solo setelah Speed bubar, 31 Maret 2000.

Mereka sempat dua kali mengadakan reuni, pada tahun 2001 dan 2003. Dalam kesempatan reuni bulan Oktober 2001, Speed mengadakan konser semalam untuk memperingati Gempa bumi besar Hanshin. Setelah itu singel "One More Dream" dirilis pada bulan Desember tahun yang sama. Pada tahun 2003 mereka mengadakan konser keliling Jepang, "Save the Children". Keuntungan konser disumbangkan untuk anak-anak yang kurang beruntung di Asia. Sebuah album lagi, "Bridge" dirilis bulan November 2003 sebelum kembali membubarkan diri.

Speed berkumpul kembali untuk ketiga kalinya pada tahun 2008. Mereka membawakan lagu-lagu secara medley untuk acara teleton Nippon Television, 24-jikan Terebi Ai wa Chikyū o Sukū di Nippon Budokan, 31 Agustus 2008. Dalam kesempatan tersebut, mereka ingin turut menumbuhkan pengertian terhadap penderita cacat. Salah seorang anggota Speed, Eriko Imai memiliki seorang putra yang tuna rungu.

Anggota
hiro (Hiroko Shimabukuro) (島袋寛子 Shimabukuro Hiroko?): lahir 7 April 1984
Eriko Imai (今井絵理子 Imai Eriko?): lahir 22 September 1983  
Takako Uehara (上原多香子 Uehara Takako?): lahir 14 Januari 1983  
Hitoe Arakaki (新垣仁絵 Arakaki Hitoe?): lahir 7 April 1981



Unit Brand-New Kids yang dibentuk tahun 1992 di Okinawa merupakan cikal bakal Speed. Anggotanya adalah murid-murid sekolah artis Okinawa Actors School. Musim semi tahun 1995, empat dari 8 anggota Brand-New Kids yang masih murid Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama diajak ke Tokyo untuk diorbitkan sebagai penyanyi.

Acara musik The Night of Hit Parade, 11 November 1995 merupakan penampilan perdana mereka di televisi. Dalam acara yang sama, 2 Desember 1995, pemirsa diminta mengirimkan nama bagi grup yang akan mereka bentuk. Masih dalam acara musik The Night of Hit Parade, 13 Januari tahun berikutnya, mereka resmi memakai nama "Speed".

Mereka dipertemukan dengan produser Hiromasa Ichiji, dan Speed merilis singel perdana "Body and Soul", 5 Agustus 1996. Lagu yang diciptakan Ichiji berisi pesan-pesan yang realistik dari sudut pandang wanita dalam musik pop bercampur unsur-unsur disko, R&B, funk, funk, dan hip-hop

Wikipedia - SPEED
Wikipedia - SPEED (English)
Wikipedia - SPEED (Japan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar